Hai sobat pajak, pajak reklame merupakan salah satu pajak yang dipungut oleh Provinsi DKI Jakarta, sangat penting bagi masyarakat dan wajib pajak reklame mengetahui bahawa telah keluar peraturan terbaru Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 24 Tahun 2022 yang mengatur tentang penetapan nilai sewa reklame sebagai dasar pengenaan pajak reklame yang juga merupakan perubahan atas Peraturan Gubernur Nomor 27 Tahun 2014.
Download Peraturan Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 24 Tahun 2022 disini : Download
Peraturan baru tersebut dikarenakan
bahwa nilai sewa reklame sebagai dasar pengenaan pajak reklame yang
berlaku saat ini sudah tidak sesuai dengan dinamika dan perkembangan
dunia usaha sehingga perlu dilakukan perubahan. Apa saja peraturan
terbaru tersebut, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:
Nilai Kontrak Reklame
1 Nilai Kontrak Reklame tidak termasuk PPN.
2 Nilai Kontrak Reklame untuk Penyelenggaraan Reklame di dalam sarana dan prasarana kota, meliputi:
a. biaya sewa lahan/bangunan termasuk harga sewa titik reklame yang
diperoleh melalui pelelangan atau kerja sama pemanfaatan titik reklame
yang diselenggarakan oleh BPAD Provinsi DKI Jakarta;
b.
biaya bahan yang digunakan, meliputi biaya konstruksi reklame termasuk
media atau bidang reklame, jika reklarne menggunakan konstruksi dan
biaya unit media digital, untuk penyelenggaraan reklame digital.
c. biaya operasional reklame, meliputi biaya operasional termasuk biaya listrik dan biaya perawatan.
3
Nilai Kontrak Reklame untuk Penyelenggaraan Reklame di luar sarana dan
prasarana kota termasuk persil milik BUMN/BUMD, antara lain meliputi:
a. biaya sewa lahan/bangunan gedung;
b. biaya bahan yang digunakan, meliputi biaya konstruksi reklame
termasuk media atau bidang reklame, jika reklame menggunakan konstruksi
dan biaya unit media digital, untuk penyelenggaraan reklame digital.
c. biaya operasional reklame, meliputi biaya operasional termasuk biaya listrik dan biaya perawatan.
Nilai Sewa Reklame
1)
Nilai Sewa Reklame yang diselenggarakan sendiri untuk Penyelenggaraan
Reklame jenis Papan/Billboard, Running Text, Pylon, Kain, dan Reklame
pada media perabotan atau perlengkapan jalan, ditetapkan sebagai
berikut:
No |
Lokasi Penempatan |
Luas Bidang Reklame |
Jumlah Reklame |
Jangka waktu Penyelenggaran |
Ketinggian Reklame |
NSR (Rp) |
1 |
Protokol A |
1 M2 |
1 buah |
1 Hari |
s.d 15 M |
80.000 |
2 |
Protokol B |
1 M2 |
1 buah |
1 Hari |
s.d 15 M |
75.000 |
3 |
Protokol C |
1 M2 |
1 buah |
1 Hari |
s. d 15 M |
60.000 |
4 |
Ekonomi Kelas I |
1 M2 |
1 buah |
1 Hari |
s. d 15 M |
50.000 |
5 |
Ekonomi Kelas II |
1 M2 |
1 buah |
1 Hari |
s.d 15 M |
30.000 |
6 |
Ekonomi Kelas III |
1 M2 |
1 buah |
1 Hari |
s.d 15 M |
18.000 |
7 |
Lingkungan |
1 M2 |
I buah |
1 Hari |
s.d 15 M |
12.000 |
2) Nilai Sewa Reklame yang diselenggarakan sendiri untuk
Reklame Elektronik/ Digital/ Megatron/ Videotron/ Large Electronic
Display dan sejenisnya termasuk yang dipasang pada perabot atau
perlengkapan jalan, ditetapkan sebagai berikut:
No |
Lokasi Penempatan |
Luas Bidang Reklame |
Jumlah Reklame |
Jangka waktu Penyelenggaran |
Ketinggian Reklame |
NSR (Rp) |
1 |
Protokol A |
1 M2 |
1 buah |
30 Detik |
s.d 15 M |
105 |
2 |
Protokol B |
1 M2 |
1 buah |
30 Detik |
s.d 15 M |
95 |
3 |
Protokol C |
1 M2 |
1 buah |
30 Detik |
s. d 15 M |
85 |
4 |
Ekonomi Kelas I |
1 M2 |
1 buah |
30 Detik |
s. d 15 M |
65 |
5 |
Ekonomi Kelas II |
1 M2 |
1 buah |
30 Detik |
s.d 15 M |
45 |
6 |
Ekonomi Kelas III |
1 M2 |
1 buah |
30 Detik |
s.d 15 M |
25 |
7 |
Lingkungan |
1 M2 |
I buah |
30 Detik |
s.d 15 M |
15 |
3) Hasil perhitungan NSR untuk jenis Reklame lainnya ditetapkan sebagai berikut:
a. Reklame Melekat (Stiker): Rp1.300 per centimeter persegi, sekurang-kurangnya Rp1.300.000 setiap kali penyelenggaraan.
b. Reklame Selebaran: Rp13.000 per lembar, sekurang-kurangnya Rp13.000.000 setiap kali penyelenggaraan.
c. Reklame Berjalan/Kendaraan: Rp50.000 per meter persegi per hari.
d. Reklame Udara: Rp7.000.000 untuk paling lama 1 bulan penayangan.
e. Reklame Apung: Rp2.500.000 untuk paling lama 1 bulan penayangan.
f. Reklame Suara: Rp6.400 per tiga puluh detik, bagian waktu yang kurang dari 30 detik dihitung menjadi 30 detik.
g. Reklame Slide atau Reklame Film pada bioskop dan tempat lainnya:
Rp13.000 per tiga puluh detik, bagian waktu yang kurang dari 30 detik
dihitung menjadi 30 detik.
h. Reklame Peragaan: Rp1.300.000 per setiap penyelenggaraan.
i. Reklame Graffiti: Rp25.000 per meter persegi per hari.
j. Reklame Laser: Rp5.000.000 untuk paling lama 1 bulan penayangan.
k. Reklame Gapura: Rp2.500.000 untuk paling lama 1 bulan penayangan.
l. Reklame Digital Berjalan pada Kendaraan: Rp100.000 per meter persegi
per hari dengan batasan luas bidang tidak melebihi 2 meter persegi.
4) NSR untuk Penyelenggaraan Reklame di dalam ruangan (indoor) ditetapkan sebesar 50% (lima puluh persen) dari ketentua.
5) NSR untuk minuman beralkohol dikenakan tambahan 25% (dua puluh lima persen) dari hasil perhitungan NSR.
6)
NSR untuk setiap penambahan ketinggian 15 (lima belas) meter, dikenakan
tambahan 20% (dua puluh persen) dani hasil perhitungan NSR.