• Beranda
  • Artikel
  • Cara Membuat Kode Bayar PBJT Makanan dan Minuman di Website pajakonline

Cara Membuat Kode Bayar PBJT Makanan dan Minuman di Website pajakonline

16 Juli 2024

Halo Sobat Pajak! Pajak Barang dan Jasa Tertentu (PBJT) atas Makanan dan Minuman kini semakin mudah dengan adanya layanan pembuatan kode pembayaran secara online. Proses ini dapat dilakukan melalui website pajakonline.jakarta.go.id

Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti untuk membuat kode pembayaran PBJT atas Makanan dan Minuman:

Baca Juga: Apa itu Pajak Barang dan Jasa Tertentu atas Makanan dan Minuman?

  1. Masuk ke laman pajakonline.jakarta.go.id

  2. Klik tombol “Masuk” , gunakan email dan password yang telah terdaftar lau klik kotak “I’m Not A Robot”  lalu klik “Masuk”.

  3. Klik menu “jenis pajak”, lalu klik opsi “PBJT Makanan dan/ Minuman”, baca pengumumannya lalu  klik opsi “Pembayaran”, selanjutnya pilih “Nama Objek Pajak”.

  4. Kemudian klik “Input Setoran Pajak”  yang terdapat di kanan atas halaman maka formulir input setoran pajak akan tertampil.

  5. Pada kategori data wajib pajak pilih “Tahun Pajak” Dan pilih “Masa Pajak”. untuk kategori besar setoran masukkan nominal pokok pilih kategori “Dengan Bunga Atau Tanpa Bunga”. lalu masukkan nominal denda jika wajib pajak mempunyai denda keterlambatan, kemudian masukkan kembali nominal kenaikan (sanksi).

  6. jika sudah terisi semua dengan benar lalu klik “Simpan”, setelah itu tampilan akan berubah, jika data sudah sesuai dan benar lalu klik Next”.

  7. Kemudian akan dialihkan ke tampilan “PEMBAYARAN SETORAN”, pilih metode pembayaran seperti ATM / Teller / E-Banking / QRIS / Virtual Account.

  8. lalu klik metode pembayaran “E-Banking” dan pilih jenis bank lalu klik “Konfirmasi Dan Proses”.

  9. setelah berhasil maka halaman tagihan permohonan sudah dapat dilihat dan dicetak.


Video Tutorial Cara Membuat Kode Bayar PBJT Makanan dan Minuman :

Baca Juga: Cara Pendaftaran PBJT Makanan dan Minuman di Website pajakonline

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat kode pembayaran PBJT atas makanan dan minuman secara online. Inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan dan efisiensi dalam pembayaran pajak, sehingga masyarakat dapat memenuhi kewajiban pajaknya dengan lebih nyaman dan cepat.

Penting untuk selalu memeriksa kembali data yang dimasukkan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menghambat proses pembayaran. Semoga panduan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengurus PBJT atas makanan dan minuman.

Baca Juga: Jenis dan Tarif Pajak Daerah Berdasarkan Peraturan Terbaru 2024

Link Video Tutorial : Cara Membuat Kode Bayar PBJT Makanan dan Minuman di Website pajakonline