• Beranda
  • Berita
  • Open Recruitment Tenaga Ahli Tim Pusat Data Dan Informasi Bapenda Dki Jakarta Tahun 2024

Open Recruitment Tenaga Ahli Tim Pusat Data Dan Informasi Bapenda Dki Jakarta Tahun 2024

18 Januari 2024

Data Analyst

1. Job Responsibility :

  1. ​​Melakukan analisis data sebagai bahan penunjang pengambil keputusan
  2. Mengidentifikasi data dari sumber primer dan sekunder
  3. Membuat tahapan pelaksanaan pekerjaan termasuk proses konsultasi dan pendampingan
  4. Membuat dokumentasi yang akurat dalam memahami langkah-langkah proses analisis data
  5. Menindaklanjuti saran dan masukan, baik secara tertulis dan tidak tertulis (online/offline)
  6. Memberikan konsultasi bila diperlukan baik secara online maupun offline
  7. Menguasai konsep data analytics seperti, Descriptive analytics, Predictive analytics, Prescriptive analytics 
  8. Melakukan visualisasi data hasil analisis
  9. Melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai arahan pimpinan
  10. Mengikuti peraturan yang berlaku di Badan Pendapatan Daerah

2. Kualifikasi :

  1. Minimal pendidikan S1
  2. Pengalaman minimal 3 Tahun
  3. Memiliki kemampuan analisis yang baik, mampu berpikir kritis dan mampu bekerja secara mandiri maupun dalam tim
  4. Memiliki kemampuan untuk memahami konteks bisnis dan menyajikan temuan secara kontekstual agar dapat mendukung pengambilan keputusan
  5. Pengalaman menggunakan bahasa pemrograman SQL, Python, atau R
  6. Memiliki kemampuan menggunakan alat analisis data, seperti Tableau, Power BI, atau QlikView
  7. Diutamakan memiliki kemampuan menggunakan alat machine learning, kecerdasan buatan (AI), seperti TensorFlow, PyTorch, atau scikit-learn

 

Data Engineer/DBA

1. Job Responsibility :

  1. Melakukan perancangan data modeling dan pemeliharaan system database
  2. Menguasai, mengimplementasikan dan mengelola proses ETL untuk mentransformasi dan memuat data dari sumber yang berbeda ke penyimpanan data
  3. Pengalaman dengan teknologi big data seperti Hadoop, Spark, Hive, dan Kafk
  4. Melakukan integrasi, pengumpulan, dan pengolahan data internal ataupun data yang bersumber dari eksternal
  5. Melakukan pemeliharaan rutin seperti backup, pemulihan dan optimasi database untuk memastikan ketersediaan data yang tinggi dan kinerja yang optimal
  6. Memantau aktivitas database secara terus-menerus untuk mendeteksi masalah atau potensi masalah
  7. Mengambil langkah-langkah proaktif untuk mencegah downtime dan kehilangan data
  8. Melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai arahan pimpinan
  9. Mengikuti peraturan yang berlaku di Badan Pendapatan Daerah

2. Kualifikasi :

  1. Minimal pendidikan S1
  2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
  3. Pengalaman menggunakan bahasa pemrograman SQL, PL/SQL, atau Java
  4. Memiliki pengalaman menggunakan Oracle Database
  5. Memiliki pemahaman yang baik tentang konsep database
  6. Memiliki kemampuan menggunakan cloud computing, seperti AWS, Azure, atau GCP
  7. Mampu mendesain, mengimplementasikan, dan mengelola database
  8. Mampu memecahkan masalah dan menangani gangguan database
  9. Kemampuan menggunakan alat administrasi database, seperti Oracle SQL Developer, atau PostgreSQL
  10. Kemampuan menggunakan sistem operasi server, seperti Windows Server, Linux, atau Unix
  11. Diutamakan memiliki kemampuan menggunakan tools big data, seperti Hadoop, Spark, atau Hive
  12. Diutamakan memiliki kemampuan menggunakan alat keamanan database, seperti Oracle Database Vault atau Microsoft SQL Server Audit
  13. Diutamakan memiliki kemampuan menggunakan alat manajemen kinerja database, seperti Oracle SQL Monitor atau Microsoft SQL Server Profiler

 

Junior Programmer

1. Job Responsibility :

  1. Mengidentifikasi kebutuhan sistem, ruang lingkup pekerjaan, studi kelayakan sistem eksisting
  2. Melakukan pemeliharaan aplikasi berupa perbaikan bugs/error, debugging, dan troubleshooting pada aplikasi
  3. Melakukan pengembangan pada modul-modul kecil untuk membantu dalam melakukan pemungutan dan penyuluhan Pajak Daerah
  4. Melakukan pemrograman menggunakan bahasa pemrograman dan framework yang telah disepakati bersama dengan Tim Teknis
  5. Melakukan penyesuaian aplikasi jika terjadi perubahan proses bisnis atau perubahan peraturan
  6. Melakukan pengujian sistem bersama dengan pegawai UPT Pusdatin dan Bidang terkait untuk meminimalisir dari kesalahan untuk mengukur keakuratan dan kehandalan sistem sebelum diimplementasikan
  7. Melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai arahan pimpinan
  8. M­engikuti peraturan yang berlaku di Badan Pendapatan Daerah

2. Kualifikasi :

  1. Minimal pendidikan S1
  2. Pengalaman kerja minimal 4 tahun
  3. Diutamakan menguasai bahasa pemrograman PHP, Node.js, Javascript dengan framework Laravel, Laravel Lifewire, dan Vue JS
  4. Diutamakan menguasai bahasa pemrograman database Oracle SQL / PostgreSQL
  5. Diutamakan memiliki kemampuan menggunakan sistem operasi server, seperti Windows Server, Linux, atau Unix
  6. Diutamakan yang memiliki kemampuan dan telah terbiasa menggunakan Git (Gitlab), Docker, dan Integration Testing
  7. Memiliki kemampuan melakukan review dan analisis kode program di sisi frontend dan backend
  8. Memiliki kemampuan melakukan identifikasi dan analisis gangguan layanan sistem aplikasi di sisi frontend dan backend
  9. Memiliki kemampuan melakukan pemulihan gangguan layanan sistem aplikasi di sisi frontend dan backend
  10. Memiliki kemampuan analisis dan evaluasi pemulihan gangguan layanan sistem aplikasi di sisi frontend dan backend
  11. Mampu melakukan tuning dan peningkatan performa aplikasi melalui perbaikan maupun penggunaan algoritma yang optimal
  12. Memiliki kemampuan debugging dan analisa terhadap error
  13. Melakukan analisis kinerja sistem aplikasi area frontend dan backend

 

QA Engineer

1. Job Responsibility :

  1. Melakukan berbagai jenis pengujian, termasuk Unit Test, System Testing, Integration Test, Performance Testing, Usability Testing, Smoke Testing, dan Stress Testing terhadap sistem aplikasi
  2. Mendampingi User Acceptance Test setelah modul-modul dalam aplikasi dapat digunakan
  3. Menjalankan dan menguji fitur serta script test terhadap sistem aplikasi, baik secara manual maupun otomatis
  4. Memberikan feedback kepada tim programmer dan bidang teknis untuk meningkatkan kegunaan sistem aplikasi
  5. Berkomunikasi dengan tim programmer dan bidang teknis untuk memberikan masukan dan feedback terkait pengembangan sistem aplikasi
  6. Membuat script test dan test case untuk debugging, fixing dan troubleshooting oleh tim programmer dan bidang teknis
  7. Menyusun dokumen hasil pengujian sistem aplikasi  
  8. Melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai arahan pimpinan
  9. Mengikuti peraturan yang berlaku di Badan Pendapatan Daerah

2. Kualifikasi :

  1. Minimal pendidikan S1
  2. Pengalaman kerja minimal 2 tahun
  3. Diutamakan yang memiliki pengalaman bekerja dalam proyek-proyek pengembangan perangkat lunak pemerintahan
  4. Memiliki pemahaman mendalam tentang konsep dan metodologi pengujian perangkat lunak
  5. Memiliki pengetahuan tentang siklus hidup pengembangan perangkat lunak dan metodologi pengelolaan proyek
  6. Memiliki kemampuan untuk merancang, mengembangkan dan menjalankan skenario pengujian
  7. Memiliki pemahaman tentang otomatisasi pengujian dan kemampuan untuk menggunakan alat otomatisasi seperti Selenium atau Appium untuk pengujian web atau JUnit untuk pengujian unit
  8. Memiliki pemahaman tentang standar dan kebijakan pemerintah terkait dengan keamanan, privasi dan regulasi terkait
  9. Memiliki kemampuan analisis yang baik untuk menilai risiko dan merancang pengujian yang efektif
  10. Mampu mengidentifikasi dan melaporkan bug atau masalah dengan jelas
  11. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk bekerja sama dengan pengembang, analis bisnis, dan pemangku kepentingan lainnya
  12. Mampu menyusun laporan pengujian yang akurat dan mudah dimengerti

 

DevOps Programmer

1. Job Responsibility :

  1. Manajemen dan konfigurasi sistem aplikasi menggunakan Linux atau Unix
  2. Membuat rancangan awal sistem aplikasi berdasarkan feedback bidang teknis
  3. Analisis kode dan memberikan review detail untuk perkembangan tim
  4. Pendekatan manajemen risiko, clustering, load balancing dan failover
  5. Monitoring keamanan, kinerja, dan menanggapi isu-isu sistem aplikasi
  6. Monitoring perangkat lunak/website serta peralatan dan prosedur sesuai standar
  7. Otomatisasi proses-proses dalam mempercepat pekerjaan
  8. Menciptakan solusi cepat dan tepat untuk isu atau masalah dalam sistem aplikasi
  9. Kolaborasi dengan tim development dan operasional untuk diskusi dalam menciptakan solusi terkait perangkat lunak/aplikasi/website
  10. Melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai arahan pimpinan
  11. Mengikuti peraturan yang berlaku di Badan Pendapatan Daerah

2. Kualifikasi :

  1. Minimal pendidikan S1
  2. Pengalaman kerja minimal 3 tahun
  3. Memiliki pengalaman kerja yang relevan di bidang DevOps CI/CD dengan minimal pengalaman kerja 3 tahun
  4. Memiliki keterampilan dalam setidaknya satu bahasa pemrograman seperti PHP, Node.js, atau Go
  5. Diutamakan yang memiliki pengalaman dalam menggunakan sistem kontrol versi seperti Git. Memahami konsep branching, merging, dan pull requests
  6. Memiliki kemampuan untuk otomatisasi proses pengembangan, pengujian, dan distribusi menggunakan alat seperti Jenkins, Travis CI, atau GitLab CI
  7. Memiliki pemahaman tentang kontainerisasi dan pengalaman dengan Docker
  8. Mampu mengelola dan mengotomatisasi lingkungan kontainer dengan Kubernetes
  9. Memiliki pemahaman mendalam tentang siklus hidup pengembangan perangkat lunak (SDLC)
  10. Diutamakan yang memiliki pengalaman dengan metodologi pengembangan seperti Scrum dan Kanban
  11. Mampu mengoperasikan alat pemantauan seperti Prometheus, Grafana, atau ELK (Elasticsearch, Logstash, Kibana)
  12. Mampu menganalisis log dan metrik untuk memahami kinerja sistem
  13. Memiliki pengetahuan tentang jaringan komputer, protokol, dan konfigurasi sistem operasi

 

Catatan :

  1. Pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online pada link Google Forms https://bit.ly/sisda2024
  2. Lowongan ini untuk pekerjaan untuk sistem kontrak dan tidak dimaksudkan untuk mengisi formasi PNS/CPNS
  3. Pengumuman tahap wawancara akan disampaikan melalui pesan Whatsapp atau email dari bapenda.ppbj@jakarta.go.id
  4. Pengumuman Hasil Rekrutmen akan ditayangkan pada website https://bapenda.jakarta.go.id
  5. Bagi pelamar yang namanya tidak tercantum dalam Pengumuman Hasil Rekrutmen maka secara otomatis dinyatakan gugur
  6. Setiap Tahapan dan Seleksi adalah Mutlak menjadi Keputusan Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Tidak Dapat Diganggu Gugat