Khotmil Khataman Quran Ramadhan 2017 Di BPRD

12 Juni 2017
[caption id="attachment_377940" align="aligncenter" width="424"] Khotmil Quran BPRD di Masjid Al Badar, Balai Dinas[/caption]

Dalam rangka Bulan suci Ramadhan Pegawai Badan Pajak dan Retribusi Daerah Provinsi DKI Jakarta (BPRD) berlomba-lomba untuk meningkatan semangat dalam bekerja dan beribadah. Semangat ini ditunjukan dengan melaksanakan Sholat Dhuha setiap pagi yang dilakukan secara perorangan, membaca Quran dan Sholat Berjamaah yang harus diikuti oleh seluruh Pegawai dan dilanjutkan dengan pengisian Kultum.

Guna meningkatkan keimanan dan mengharap turunnya rahmat Allah SWT di bulan Suci Ramadhan, Kepala BPRD Edi Sumantri menggagas memaksimalkan amalan dan kebaikan di bulan suci ini dengan Khotmil Khataman Quran.

Untuk itu, Binroh Islam BPRD Provinsi DKI Jakarta mengadakan Khotmil Qur`an sampai dengan khatam, yang telah dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 9 Juni 2017, Ba`da Sholat Ashar sampai dengan waktu berbuka puasa di Masjid Al Badr, Gedung Dinas Teknis, JI. Abdul Muis No. 66 Petojo Selatan, Gambir Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini Binroh BPRD melakukan pembagian unit-unit yang akan melaksanakan Khotmil Qur`an dan membaca hingga Khatam Quran 30 Jus dalam 7 (tujuh) kelompok, dengan pembagian sebagai berikut:

1. Kelompok I terdiri dari Sekretariat, Bidang-bidang dan Unit Penyuluhan dan Layanan lnformasi, 3x Khatam.

2. Kelompok II terdiri dari Unit Pelayanan PKB dan BBN-KB di 5 (1ima) wilayah kota 1x Khatam.

3. Kelompok Ill terdiri dari Suku Badan dan UPPRD wilayah Kota Adm. Jakarta Pusat 1x Khatam.

4. Kelompok IV terdiri dari Suku Badan dan UPPRD wilayah Kota Adm. Jakarta Barat 1x Khatam.

5. Kelompok V terdiri dari Suku Badan dan UPPRD wilayah Kota Adm. Jakarta Selatan 1x khatam.

6. Kelompok VI terdiri dari Suku Badan dan UPPRD wilayah Kota Adm. Jakarta Timur 1x Khatam.

7. Kelompok VII terdiri dari Suku Badan dan UPPRD wilayah Kota Adm. Jakarta Utara 1x Khatam.

Sehingga Pegawai BPRD akan mengkhatamkan Al-Quran sebanyak 9x Khatam dalam satu kesempatan. Masing-masing kelompok akan melakukan Khotmil Qur`an sampai dengan Khatam secara bersamaan dari Ba’da Ashar hingga Maghrib, dengan teknis pembagian Juz Qur’an yang telah diserahkan kepada masing-masing anggota kelompok.

Dengan kegiatan Khotil Khataman Quran, Insya Allah kita bisa menang dalam amalan untuk Akhirat karena amalan untuk Dunia belum tentu bisa dimenangkan oleh semua orang.

Seluruh Pimpinan unit yang beragama Islam dan Staf diharapkan dapat ikut serta pada acara Khotmil Qur`an ini. [caption id="attachment_377941" align="alignleft" width="424"] Para Karyawati BPRD ikuti Khotmil Quran[/caption]

Didalam Hadist Nabi berpesan keutamaan Mengkhatamkan Al-Qur’an yakni:

Dari Ibnu Abbas r.a., beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah saw. “Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Al-hal wal murtahal.” Orang ini bertanya lagi, “Apa itu al-hal wal murtahal, wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Yaitu yang membaca Al-Qur’an dari awal hingga akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal.” (HR. Tirmidzi).

Untuk menjadi insan terbaik adalah karena mereka memiliki minat yang sangat besar terhadap Al-Qur’an. Sayid Qutub dalam bukunya Ma’alim Fii Ath-Thariq menyebutkan tiga faktor yang menjadi rahasia mencapai generasi terbaik yaitu pertama karena mereka menjadikan Al-Qur’an sebagai satu-satunya sumber pegangan hidup, Kedua, membacanya untuk diamalkan sesuai yang diinginkan Allah dalam kehidupan dan Ketiga, menjadikan Alquran sebagai titik tolak perubahan.

Kegiatan Khotmil Khataman Quran ini diharapkan dapat menjadi tradisi ibadah yang dilakukan sebelum Berbuka Puasa atau sebelum memulai acara Keagamaan Islam di lingkungan BPRD Provinsi DKI Jakarta. (Humas Pajak Jakarta)

TAGS: